Kenali Gejala Serangan Jantung Berikut Ini!

serangan jantungTidak ada satupun manusia yang mengetahui takdir akhir kehidupannya, entah saat terbaring di rumah sakit, di jalan raya, musibah bencana alam, ataupun terserang penyakit jantung tiba-tiba. Artikel ini secara khusus membahas gejala serangan jantung agar bisa dikenali masyarakat luas. Tujuannya agar orang-orang yang menunjukkan gejala-gejala penyakit ini dapat segera mendapatkan penanganan untuk menyelamatkan hidupnya.  Apa saja gejala serangan jantung yang dapat dikenali, berikut penjelasan singkatnya untuk Anda:

Merasakan nyeri di dada sebelah kiri

Anda harus mengambil tindakan cepat saat ada orang terdekat mengeluhkan adanya rasa nyeri di dada sebelah kirinya. Hal itu bertanda jantungnya mengalami kontraksi yang cukup hebat sehingga menimbulkan rasa nyeri. Jika ia masih dalam keadaan sadar, tanyakan padanya adakah obat-obatan tertentu yang dikonsumsinya untuk meredakan rasa sakit. Jika ada, bantu dia meminumkan obatnya sesegera mungkin. Bila tidak dalam kondisi demikian, rebahkan dia di tempat yang nyaman dan panggil tim medis.

Mengalami sesak napas

Pak Tatang Koswara (alm), sang sniper handal yang dimiliki negeri ini, tiba-tiba meninggal akibat serangan jantung di studio Hitam Putih sesaat setelah beliau menceritakan perjuangan hidupnya. Menurut pengakuan Dedy Corbuzier selaku host, almarhum mengaku merasakan sesak di dadanya sesaat setelah memasukki segmen 3 saat. Hal itu menandakan, orang yang terlihat sehat pun dapat terkena serangan secara tiba-tiba bila mengalami kelelahan sehingga merasakan sesak nafas. Semoga hal ini dijadikan pelajaran berharga bagi semua orang.

Mengeluarkan keringat dingin

Anda pun harus mewaspadai bila keluar keringat yang berlebih, padahal sedang tidak berolahraga sama sekali. Keluar keringat dingin dengan kapasitas berlebihan menandakan jantung seseorang mengalami masalah. Jika Anda merasakannya sendiri atau melihat orang terdekat mengalaminya, segera melakukan penanganan medis. Apalagi muncul juga gejala lainnya seperti wajah pucat, pusing, mual, nyeri dada, dan sesak nafas, sangat disarankan untuk membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Semoga dengan membaca artikel ini, serangan jantung dapat segera di tangani sehingga mengecilkan resiko kematian. Kepedulian Anda terhadap sesama dapat berkontribusi besar dalam menurunkan angka kematian akibat serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *